kewirausahaan, business plan

Saturday, January 21, 2017

proposal bisnis "KLEPON HITS"

PROPOSAL BUSSINES PLAN KLEPON HITS
Diajukan untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Pada mata kuliah kewirausahaan
dosen pengampu M. Taufiq Abadi, MM.
Disusun oleh : 
1. Ratri Januarti (2013114282) 
2. Safrina Hidayati (2013114283) 
3. Muzayyanah (2013114290) 
4. Nindia Nur Istiqomah (2013114294) 
5. Nur Khasanah (2013114297) 
6. Aminatuz Zahro (2013114298) 

 JURUSAN SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN 2016/2017 
Kelas A

 KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridhoannya kami dapat membuat suatu gagasan usaha yang insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor dan masyarakat pada umumnya. “Klepon hits” adalah nama yang kami buat untuk kegiatan usaha ini yang bergerak di bidang produksi makanan atau kue tradisional. Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran dan masukan-masukannya untuk kelancaran usaha ini, khusunya kepada dosen kami yang sangat berperan dalam pengarahan kegiatan usaha ini. 
 BAB 1 PENDAHULUAN
 A. LATAR BELAKANG
 Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli. Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu, roti banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, roti menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, roti mudah dijangkau semua kalangan masyarakat. Tapi kami juga ingin membuktikan bahwa makanan tradisional “KLEPON “ juga memiliki rasa yang enak dan memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain harga makanan tradisional yang murah, juga sangat mudah dijangkau. Makanan tradisional “KLEPON “ sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein, dll. Jajanan pasar atau kue tradisional bukan bisnis remeh. Meski keberadaanya lebih banyak beredar di pasar namun bukan berarti usaha kue tradisional tidak memiliki prospek alias tidak menguntungkan. Jajan pasar adalah satu satunya kue yang bertahan sejak jaman dahulu kala sampai sekarang. Perkembangan usaha makanan saat ini malah justru menambah porsi pengemb angan makanan asli Indonesia lebih besar. Peningkatan apresiasi terhadap warisan kuliner nusantara berperan besar membangkitkan omzet penjualan kue tradisional ini. Kue yang sudah dikenalkan dari nenek moyang dan turun temurun ini sudah memiliki pasar yang luar biasa besarnya.

 B. TUJUAN
1. Meningkatkan jiwa kewirausahaan,
 2. Memperkenalkan tentang makanan tradisional, dan
3. Menjadi salah satu usaha kuliner yang sukses dengan omset yang tinggi.

 C. KEUNGGULAN PRODUK
 • Bahan Baku yang mudah di dapat dan berkualitas
 • Halalan Thoyyiban
 • Mudah dalam pembuatannya
 • Rempah-rempah / bumbu-bumbu khas indonesia
 • Tanpa Bahan pengawet / bahan kimia berbahaya
 • Tidak terpengaruh dengan iklim cuaca
 • Higienis dan harga yang relatif terjangkau

BAB II PRODUKSI

 A. MENGENAI USAHA ( PRODUK ) 

Klepon adalah salah satu kue yang cukup menyehatkan karena tidak digoreng, dikukus dan disajikan segar. Kue tradisional yang satu ini juga tak kalah menarik jika dijadikan bisnis jajanan. Bagaimana tidak, hampir semua orang menyukainya. Dengan rasa yang manis legit dan kenyal banyak orang yang menggemarinya. Yah itu dia jajanan klepon. Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi coklat dan keju kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa. Bentuknya khas dan rasanya unik yakni gula yg muncrat/melumer saat disantap. Selama ini kita hanya menjumpainya dipasar-pasar tradisional dengan kemasan yang cukup sederhana dan tidak memiliki jaminan mutu. Bagaimana jika anda mengambil celah ini, maksudnya adalah anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang usaha dengan membuat klepon dengan kemasan yang lebih baik. Dengan memberikan kejelasan jaminan mutu, konsumen akan semakin percaya dengan mutu produk anda termasuk kehalalannya. Karena saat ini konsumen sudah mulai banyak sadar akan makanan yang dikonsumsinya, maka dari itu dengan adanya jaminan mutu konsumen akan lebih memilih produk kita.

 B. PROFIL PERUSAHAAN 

Jenis usaha yang akan dijalankan bergerak di bidang produksi dan perdagangan makanan. “Klepon Hits” merupakan nama perusahaan yang dipilih sebagai branding produk ini. Nama ini dipilih karena unik, lain dari pada yang lain dan membuat konsumen penasaran. Selain itu nama ini juga mencerminkan produk kami yaitu klepon yang berwarna-warni sesuai dengan rasa yang diinginkan. 

C. LOKASI USAHA
 Rencananya, kami akan membuka usaha ini didekat dengan daerah pemasaran yaitu di sekitar kampus ( universitas ), pertokoan, Sekolah, daerah perkantoran dan warung-warung yang dekat dengan lokasi usaha tersebut. 

D. ALAT
Alat yang kami gunakan untuk membuat klepon sebagai berikut:
1) Baskom@3
 2) Gelas @1
 3) Sendok teh4biji
 4) Nampan @6
 5) Parut kelapa@2
 6) Pisau
7) Spatula(saringan)
 8) Kompor
 9) Sterofom@50

 E. BAHAN DAN CARA MEMBUAT
1. 100gr tepung ketan
 2. 75ml air panas
 3. ½ sendok teh garam
 4. 2 batang keju cheddar
 5. 1 bungkus meises
 6. pewarna hijau dari daun suji
7. Pasta warna merah Taburan: 1. 100gr kelapa parut 2. ½ sendok teh garam
 Cara membuat :
 1. Campur tepung ketan dengan garam kemudian tuang air panas. Uleni hingga kalis
 2. Tuang pewarna hijau ,aduk rata.
 3. Ambil 1sdm adoanan isi dengan keju atau meises lalu bulatkan
4. Rebus dalam air mendidih higga mengapung
5. Gulingkan diatas taburan kelapa.

 F. Perhitungan biaya dan harga jual
 • Penghitungan Biaya dan Harga jual Untuk 100 porsi klepon.
 • Modal 6 orang @20 Rp. 120.000,-
• PENGELUARAN :
 1. 100gr tepung ketan Rp. 24.000
2. 75ml air panas Rp. -
3. ½ sendok teh garam Rp. 2.500
 4. 2 batang keju cheddar Rp. 24.000
5. 1 bungkus meises Rp. 2.500
6. pewarna hijau dari daun suji Rp. 2.000
 7. Pasta warna merah Rp 5.000 8. Isi Gas Rp. 20.000,- + Rp. 80.000,-
• Untuk 1 kali produksi dapat menghasilkan 100 pcs klepon.
 • Harga pokok per pcs = Rp 80.000 : 100 = Rp 800
• Laba yang diinginkan = Rp 200
 • Harga jual per pcs = Rp 800 + Rp 200 = Rp.1.000
 • Nilai penjualan yang diterima : 80 x Rp 1.000 = Rp 80.000,-
• Modal = Rp 120.000,-
 • Laba per hari = Rp. 40.000,-
• Laba dalam 1 bulan = laba perhari x 26 hari
• = Rp 40.000 x 26
 • = Rp 1.040.000/bulan


BAB III ASPEK PEMASARAN
1. Target pasar/konsumen Yaitu lingkungan rumah seperti anak-anak, remaja, dan dewasa. Serta lingkungan Universitas atau sekolah-sekolah seperti siswa atau mahasiswa, dosen, dan staf tata usaha.
2. Situasi persaingan Sejauh ini masih jarang seseorang yang brjualan makanan tradisonal seperti yang akan kami buat.
 3. Stategi pemasaran:
 1) Pengembangan Produk Pembuatan paket makanan yang murah dan meriah. Membuat variasi rasa yang baru tujuan yang ingin di capai agar konsumen tidak merasa bosan dengan rasa yang cenderung homogen Menerima pemesanan melalui Delivery Promosi melalui BBM, SMS, FB dari teman ke teman
2) Pengembangan wilayah pemasaran : Melakukan penjualan ke lingkungan – lingkungan kantor, rumah makan, CafĂ© dll. Tujuan nya untuk meningkatkan hasil penjualan
 3) Kegiatan Promosi Mencari distributor – distributor. Tujuannya agar produk tersalurkan / terjual di sekitar kampus dan sekitarnya.

 BAB IV PENUTUP 

  1.  Kesimpulan  Klepon merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa yang unik serta baru. Produk kami ini bertujuan membantu meningkatkan makanan tradisional agar bisa seimbang dengan makanan modern. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti facebook dan BBM. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. 
 2.  Saran Produk kami mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan klepon yang sudah ada dipasaran dengan klepon produk kami. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami.

3 comments: