kewirausahaan, business plan

Saturday, January 21, 2017

proposal usaha "PISNYETJU YUMMY"


PROPOSAL BUSINESS PLAN

“PISNYETJU YUMMY”

Proposal Bisnis ini disusun guna memenuhi tugas Ujian Akhir Semester pada mata kuliah kewirausahaan yang diampu oleh M. Taufiq Abadi, M.M



Disusun oleh :
1.      Niswatul Ulya          (2013114101)
2.      Evi Sukaesih            (2013114102)
3.      Aprilah Sulistiani     (2013114111)


Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan
Jalan Kusuma Bangsa No. 09 Pekalongan
Tahun Akademik 2016
DAFTAR ISI

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Ringkasan Eksekutif
Bidang Usaha                  :  Produk Makanan
Jenis Produk                     :  Pisang Penyet Keju
Merek                               :  Pisnyetju Yummy
Tempat Usaha                  :  Jalan Yos Sudarso, Bebel, Kec Wonokerto

Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik, serta memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Seperti halnya produk kami yang berbahan dasar pisang. Pisang dikenal sebagai buah yang pasaran, banyak ditemukan dan pastinya tidak asing bagi masyarakat. Kami melihat ada potensi yang bagus pada buah pisang, disamping mengandung vitamin pisang ini pasti akan lebih menarik untuk dikreasikan dan menjadi potensi bisnis kuliner yang disukai banyak orang. Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam mengolah pisang tersebut sehingga penyajiannya tidak monoton. Kami berinisiatif mengkreasikan makanan pisang ini menjadi makanan yang unik dan menjadi arternatif bagi pecinta kuliner untuk menikmati pisang dengan beberapa varian.
Nama usaha kami adalah pisnyetju yang merupakan singkatan dari “Pisang Penyet Keju”. Untuk pemasaran awal, rencananya kami akan memberikan sampel kepada teman kuliah dan tetangga sekitar secara gratis. Setelah usaha ini berjalan, kami akanmemasarkan melalui iklan online, brosur dan juga kami berniat membuka kedai dengan pisnyetju sebagai menu utamanya.  Kami melayani pembelian secara online dan juga delivery order dengan minimal order 10 pcs untuk wilayah sekitar Kota Pekalongan. Selanjutnya pisnyetju ini juga akan disajikan dengan beberapa varian rasa. Contohnya pisnyetju selai strowberry, blueberry, coklat kacang dan lain-lain. Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau dan pastinya pas dikantong masyarakat. Dengan tambahan menu minuman es teh dan teh hangat.

B.     Company Profile (Profil Usaha)

Bisnis pisnyetju yummy ini merupakan bisnis dibidang kuliner. Pisnyetju merupakan singkatan dari “Pisang Penyet Keju”. Bahan dasar makanan ini dari pisang raja, yang di goreng  kemudian di lumuri coklat dan dikombinasi dengan ditaburi parutan keju. Pisang penyet adalah pisang yang dipenyet hingga pipih lalu digoreng dengan margarin hingga matang kemudian baru ditaburi dengan aneka toping favorit. Seperti coklat, keju, madu, selai strowberry, selai kacang, susu kental manis putih, susu kental manis coklat dan sebagainya. Pisnyetju biasanya dijadikan teman saat ngobrol atau saat santai untuk dijadikan salah satu sajian menu makanan yang bisa dijadikan teman untuk melengkapi obrolan itu agar tidak merasa garing atau sepi karena ada pisnyetju yang menemani untuk dimakan dalam obrolan santainya dan juga pisnyetju bisa dijadikan menu mananan dalam jajaran kuliner yang sangat disukai orang karena cita rasanya yang enak manis asin maka yummy karena tampilannya yang menarik orang-orang pun banyak yang tertarik untuk mencicipinya.
 Cara membuat produk kami tidak berbeda jauh dengan membuat makanan berbahan dasar pisang pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1.      Kupas kulit pisang, cairkan margarin pada wajan teflon dengan api kecil. Masukkan pisang masak hingga pisang kecoklatan. Balik pisang, masak hingga kedua sisinya kecoklatan terus angkat.
2.      Tempatkan pisang yang telah dimasak tadi di atas piring. Pipihkan atau penyet pisang dengan menggunakan ulekan
3.      Lumuri dengan coklat, lalu taburi meises dan keju parut.
4.      Pisnyetju Yummy siap untuk dihidangkan, dan nikmat disajikan saat masih hangat.
Untuk pengeoperasian usaha kami, rencananya pada pukul 07.00-11.00 kami akan belanja bahan baku dan pelengkap. Selanjutnya pada pukul 13.00-21.00 kami kan memulai kegiatan usaha.

C.    Latar Belakang Bisnis

Alasan kami memilih bisnis kuliner, karena bisnis ini mempunyai peluang yang besar. Disamping profitnya yang menjanjikan, banyak masyarakat yang menggemari kuliner dan suka mencicipi jajanan-jajanan baru. Kami juga melihat potensi buah pisang yang enak dan mudah untuk dikreasikan dengan makanan lainya, selain rasanya yang manis pisang juga kaya mineral. Hampir disetiap daerah terdapat berbagai macam jenis pisang. Dan berbagai jenis makanan sebagian ada yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar. Pisang bisa di makan langsung dan juga bisa diolah menjadi makanan yang enak dan menarik untuk dihidangkan.

D.    Tujuan

1.        Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
2.        Membudayakan makanan sehat.
3.        Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.

E.     Potensi Bisnis

Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.




BAB  II

PEMBAHASAN

A.    Aspek Pasar dan Pemasaran

1.      Profil konsumen
Konsumen yang menjadi sasaran dalam usaha ini adalah masyrakat luas baik dari anak-anak,remaja maupun orang dewasa yang gemar kuliner, dan juga jajanan baru atau berbahan dasar pisang.
2.      Potensi dan segmentasi pasar
Dengan desain produk dikemas dengan mika disertai label merek bisnis kami. kedai yang kami bangun terletak di dekat keramaian dan mudah untuk dijangkau. Segmentasi pasar yang akan di capai adalah para konsumen yang mengiginkan jajanan yang bisa mengganjal perut dan tidak menguras kantong alias terjangkau.
3.      Pesaing dan peluang
Dari perencanaan bisnis ini kami mengakui bahwa usaha ini sudah banyak yang membuka, tetapi untuk kawasan Pekalongan masih sedikit jadi peluang kita untuk sukses menjalankan usaha ini cukup terbuka lebar.
4.      Media promosi yang akan  digunakan
a.       Memasang iklan online di media sosial
b.      Memasang spanduk mmt di depan tempat usaha
c.       Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, sehingga memberi citra yang baik dalam benak konsumen.
5.      Target atau rencana penjualan satu tahun
Target penjualan pisang penyet bakar per hari adalah 70 porsi. Waktu berjualan Setiap Hari. Dengan omzet harian sebesar Rp 350.000,-. Dan pendapatan bulanan Rp 10.500.000,- 
6.      Strategi pemasaran yang akan di terapkan
a.       Siap menghadapi tantangan dan persaingan dalam dunia usaha, siap gagal dan yakin berhasil.
b.      Mampu berinovasi melalui produk-produk baru
c.       Mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai
d.      Ketika sudah sukses kami siap membuka cabang baru

B.     Analisis SWOT

1.    Faktor Internal
1)  Strength (Kekuatan)
a.       Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
b.      Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam mengolah pisang, yaitu dengan dipipihkan dandilumuri coklat berbagai varian rasa yang menarik, yaitu rasa coklat, strowberry, blueberry, coklat kacang dan sebagainya.
c.       Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan pisnyetju ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan pilihan rasa.
2)  Weakness (Kelemahan)
a.       Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b.      Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pembuat pisang penyet keju. Kurangnya keterampilan kami dalam proses pembuatan pisang penyet keju itu sendiri.
2.      Faktor Eksternal
1)  Opportunities (Peluang)
a.       Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari kuliner dan berbagai variasi pisang, karena pisang merupakan makanan yang sudah siap dan mudah diolah. Dengan adanya pisang penyet keju ini akan menambah variasi makananyang berbahanpisang dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
b.      Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan setempat dan  kampus.
2)   Threats (Ancaman)
a. Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan biasa terjadi adalah keacuhan konsumen.Terkadang masyarakat kurang tertarik terhadap makanan yang di buat dari bahan sederhana seperti pisang.
b. Gaya konsumsi masyarakat saat ini di kuasai oleh makanan-makanan modern, siap saji, dan dari bahan-bahan import.
c.    Ancaman lain yaitu pesaing yang memiliki produk serupa dan lebih inovatif, serta pesaing yang memiliki usaha yang berupa makanan ringan.

STRATEGI SWOT
Strength
3.      Keunggulan produk
4.      Keterampilan dan keahlian
5.      Bahan baku mudah di dapat
Weakness
a.       Belum memiliki cukup pengalaman
b.      Kurangnya Sumber Daya Manusia
Opportunity
a. Banyaknya konsumen
b. Sistem pemasaran
a.       Melakukan program promosi jitu
b.      Meningkatkan produksi
c.       Melakukan latihan terus-menerus
d.       Belajar berbisnis dengan segala fasilitas yang ada dan menjalin koneksi seluas-luasnya.
Threat
a.       Keacuhan konsumen
b.      Gaya konsumsi masyarakat terhadap makanan siap saji.
c.       Pesaing dari bisnis lain yang serupa
6.      Melakukan promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami.
7.      Mengenalkan konsumen akan manfaat makanan yang bervitamin dari buah lokal
8.       Menawarkan keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami
a.       Memperbaiki sistem manajemen
b.      Meningkatkan promosi
c.  Menjaga kualitas produk

C.    PERENCANAAN BISNIS

1.      Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dan lain-lain. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
2.      Pembiayaan
a)      Biaya Tetap (Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Kompor gas
1 buah
Rp.100.000
Rp.100.000
2
Tabung gas
1 buah
Rp.150.000
Rp. 150.000
3
Wajan teflon
1 buah
Rp.160.000
Rp. 160.000
4
Piring
2 lusin
Rp.30.000
Rp.  60.000
5
Gelas
2 lusin
Rp.26.000
Rp.  52.000
6
2 meja+ 3 kursi
-
-
Rp. 295.000
7
Sendok
1 lusin
Rp.30.000
Rp.  30.000
8
Banner, stiker, dan daftar harga
-
-
Rp.  50.000
9
Ulekan
1 buah
Rp.7.000
Rp.   7.000
TOTAL
Rp. 904.000

b)      Biaya Variabel (Variable cost) - Per Produksi
Nama Barang
Harga
Pisang raja 5 sisir
60.000
Coklat dan ceres
15.000
Kacang
10.000
Keju
23.000
Susu
7.000
Mentega/margarin
6.000
Isi ulang gas
16.000
Tisu
10.000
Gula pasir
12.500
Teh
5.000
Plastik, kertas dll
30.000
Jumlah Harga
Rp. 198.000

c)       Biaya Total
  Biaya total     = Variable cost + Fixed cost
= Rp. 198.000 + Rp. 904.000
= Rp. 1.102.000
d)     Biaya dan Harga Per Unit
  Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp. 904.000: 15 Kali = Rp. 60.300
  Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp 60.300 + Rp 198.000  = Rp. 258.300
  Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per bulan Rp. 258.300 : 70 buah = Rp. 3.690
  Harga jual per buah Rp 5.000
e)      Modal Awal
  Modal awal    = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi
= Rp  904.000 + Rp. 258.300
                      = Rp 1.162.300
f)       Analisis Titik Impas (Break Even Point)
  BEP harga      = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Produksi
= Rp. 258.300 : 70 buah = Rp. 3.690
  Harga jual per unit Rp 5.000
BEP produksi = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per unit
= Rp258.300: 5.000 = 52 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 hari pisyetju harus terjual adalah 52 unit dengan harga per buah adalah Rp 5.000
g)      Analisis Keuntungan
  Pendapatan : pisyetju yang terjual x harga jual        
= 70 x Rp 5.000
= Rp. 350.000
  Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : Rp. 258.300
  Keuntungan   = Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 350.000  – Rp 258.300
= Rp 91.700
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 70 unit pisyetju  dengan harga Rp 5.000 per unit dalam 1 kali produksi adalah Rp 91.700
h)      Pengembalian Modal
Total biaya Produksi : Laba usaha =Rp 1.102.000: Rp 91.700 = 12 kali produksi
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 12 kali produksi.

D.    STUDI KELAYAKAN

1.      Lokasi
Pembuatan pisnyetju ini dilakukan di Jalan Yos Sudarso, Bebel,Kecamatan Wonokerto. Lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan keramaian. Selain itu, pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses produksi dan dapat memesan langsung. Kami juga menyediakan tempat untuk makan di kedai kami.
2.      Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi, kami juga memanfaatkan berbagi media soaial seperti, facebook, instagram dan lain sebagainya untuk mempromosikan produk kami. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara membuatpisnyetju yummy.

3.      Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya manusia yang tersedia terdiri dari tiga orang karyawan sekaligus pemilik usaha. Sehinga diharapakan dapat menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, dan mampu bersaing di pasaran.











BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Pisnyetju merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa dan tampilan yang menarik. Produk kami ini selain rasanya enak, mengenyangkan, juga memiliki nilai gizi. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti facebook, instagram dan brosur. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami juga menyediakan pelayanan delivery order.

B.     Saran

Produk kami mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan produk makanan ringan yang sudah ada dipasaran dengan produk kami. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami.

0 comments:

Post a Comment